EKSTRAKSI CIRI SINYAL SUARA JANTUNG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Pratondo Busono

Abstrak

Suara detak jantung dihasilkan dari akselerasi maupun deselerasi dari aliran darah yang dipengaruhi karena pembukaan maupun penutupan katup jantung secara tiba-tiba dan tegangan tiba-tiba struktur intracardiac. Proses ini akan memunculkan suara detak jantung yakni suara S1 dan suara S2 pada keadaan pasien normal. Pada penderita gangguan jantung, diantara suara S1 dan S2 akan muncul suara S3 dan S4. Pada auskultasi jantung, dokter mendiagnosa pasien dengan mendengarkan suara jantung menggunakan stetoskop. Untuk kegunaan analisa otomatis, seluruh informasi yang dibutuhkan untuk diagnosa perlu  digitasi dan ditampilkan pada perangkat visual.  Sehingga segmentasi dan klasifikasi dapat menghasilkan diagnose dan tindakan medis yang tepat.


Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan algorihma untuk ekstraksi ciri sinyal suara jantung. Metoda yang digunakan mencakup akusisi sinyal jantung, pemrosesan awal dan segmentasi/extraksi ciri. Sinyal jantung diperoleh dari stetoskop elektronik. Pemrosesan awal digunakan filter lolos pita. Segmentasi digunakan model semi Markov tersebunyi.


Hasil percobaan menunjukan bahwa ekstraksi ciri dari sinyal suara jantung  menghasilkan beberapa paremeters seperi segmen suara S1, segmen sistolis, segmen suara S2 dan segmen diastolis. Performa algorithma ditest dengan menggunakannya untuk evaluasi  rekaman dari beberapa objek yang mencakup pasien normal atau upnormal.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##