INSTRUMENTASI PENGENDALIAN KUALITAS DENGAN SISTEM DIGITAL

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Endang Kadar.S
Erlian Supriyanto

Abstrak

Persaingan usaha semakin ketat pada setiap produk, tolok ukur parameter persaingan adalah Quality, Cost dan Delivery (QCD). Quality disimpan paling awal karena mempunyai pengaruh signifikan terhadap Cost dan Delivery dan tuntutan Quality tersebut terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu.


Namun pada kenyataan di lapangan perhatian terhadap penanganan kualitas sering diabaikan oleh perusahaan, karena dianggap merupakan pengeluaran biaya,  tidak mempunyai nilai tambah serta membutuhkan  proses  panjang serta rumit. Pelaku bisnis lebih suka melakukan perbaikan dibandingkan pecegahan terhadap produk yang out standar, perbaikan tersebut bisa terjadi di dalam proses maupun di Customer. Apabila kondisi tadi dibiarkan, maka akan menurunkan tingkat kepercayaan Customer.


 Kemajuan teknologi digital  bisa membantu proses pengendalian kualitas dalam Transfer data, Kecepatan proses pengolahan data, Peningkatan tingkat akurasi hasil proses data,  Kecepatan dan jangkauan penyebaran informasi lebih  cepat dan lebih luas.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##