Aplikasi Mobile menggunakan Framework Phonegap untuk Monitoring Persediaan Barang pada Perusahaan Distribusi Secara Real-Time

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Jordy Saragih
Atje Setiawan Abdullah
Juli Rejito

Abstrak

Pada era teknologi informasi seperti sekarang ini, efisiensi waktu dan tenaga serta kemudahan dalam mendapatkan suatu informasi sangatlah dibutuhkan. Dalam sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan dan distribusi barang, aplikasi untuk monitoring kondisi, ketersediaan, dan akurasi jumlah barang secara real time menjadi suatu kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan.
Rancangan aplikasi mobile yang dibangun memiliki antarmuka berbasis web memanfaatkan pemrograman berorientasi objek yang didukung framework phonegap dan pemrograman script PHP sehingga aplikasi ini dapat dipergunakan secara mobile kapanpun dan dimanapun secara real time. Implemetasi aplikasi mobile ini menggunakan arsitektur client-server tersambung pada jaringan internet, dengan antarmuka aplikasi pada posisi client dapat menggunakan smartphone dan tablet, sedangkan server databasenya menggunakan Mysql. Disamping aplikasi mobile yang dimanfaatkan untuk monitoring, disisi yang lain dibangun juga aplikasi untuk update transaksi barang.
Dari hasil pengujian aplikasi dihasilkan kesimpulan bahwa update data transaksi barang masuk dan keluar menjadi bagian yang terpenting sehingga aplikasi mobile dapat menyajikan informasi tentang persediaan barang. Aplikasi mobile ini memberikan kemudahan karena informasi yang dihasilkan secara cepat dan akurat serta real time kepada pimpinan perusahaan dapat dijadikan sebagai bahan dalam mengambil keputusan bisnis.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##