Operasi Valas: Identifikasi Nominal Dengan Metode Canny Edge Detection dan Template Matching

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Bagus Budi Laksono
Angga Rusdinar,Ph.D
Suci Aulia,S.T,M.T

Abstrak

Proses penukaran uang dewasa ini masih menggunakan campur tangan manusia sehingga membutuhkan waktu dan juga perlu adanya interkasi antara pembeli dan penjual (face to face) serta dibutuhkan ketelitian yang dapat berbeda antar individu. Oleh karena itu, dibutuhkan alat yang aplikatif dalam hal transaksi penukaran uang.
Pada penelitian ini dirancang sebuah alat yang mampu mendeteksi nilai nominal input, dengan input berupa mata uang US Dollar dengan pecahan 1, 2, 5 10. Metode pengenalan keaslian mata uang input dan nominalnya menggunakan metode canny edge detection sebagai operator ekstraksi ciri kemudian digunakan metode template matching yang penggunaannya relatif mudah dipahami. Setelah nominal input dan keaslian diketahui selanjutnya dikali dengan nilai kurs valuta asing yang sebelumnya disimpan dalam bentuk .csv.
Alat ini memiliki kesensitifan perbandingan antar template sebesar 95.625% yang didapat melalui nilai rata-rata deteksi 1 USD 100%, 2 USD 100%, 5 USD 100%, serta 10 USD 82.5%.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##