Retrofit Sistem Pencampuran 2 Fluida Beda Warna Menggunakan Mikrokontroler

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Y Triana
A Rosianah
M Hersaputri
S Hadisupadmo

Abstrak

Sejak abad ke-20 inovasi teknologi instrumentasi dan sistem kontrol berkembang dengan sangat cepat. Hal ini diikuti dengan berkembangnya karakter masyarakat yang memiliki mobilitas yang semakin tinggi. Masyarakat menginginkan layanan otomatis, mudah, fleksibel, efisien baik dalam biaya maupun waktu serta aman saat digunakan. Di insdustri saat ini terlebih minyak, cat, lem atau minuman telah dikembangkan proses otomasi pencampuran warna. Proses ini dapat menghasilkan percampuran warna dan kekentalan.


Pada penelitian ini, dilakukan simulasi kontrol otomasi pencampuran fluida beda warna (Simulator Fluid-mixing) dengan menggunakan mikrokontroler Program Arduino. Simulator fluid-mixing ini merupakan pengembangan simulator yang pernah dibuat (Dr. Eng. Edi Leksono, 2005).  Program Arduino dapat diatur oleh operator dan simulator dapat menghasilkan campuran fluida warna.


Otomasi dari simulator fluid-mixing dirancang untuk memudahkan operator dalam melakukan simulasi. Pencampuran fluida dapat dilakukan untuk 2 warna dengan jenis fluida yang sama yaitu air. Terdapat 2 saklar sebagai pilihan program, program 1 (25% dan 50%) dan program 2 (50% dan 50%).


Perancangan simulator fluid-mixing dapat digunakan oleh Teknik Fisika ITB sebagai alat pembelajaran mahasiswa dalam melakukan proses simulator untuk pencampuran fluida beda warna. 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##